Konversi Shapefile ke MySQL dengan Shp2MySQL

Assalamualaikum.

Setelah lama tidak sempat menulis artikel kali ini saya akan coba share kepada teman-teman bagaimana menggunakan Shp2MySQL (shp to MySQL) untuk konversi shapefile (.*shp) ke database MySQL. Jika teman-teman familiar dengan Mapserver/Mapscript tentunya sudah mengenal MAP file. Biasanya tampilan peta dari MAP file dibaca dari file Shp yang disimpan pada direktori tertentu. Tetapi yang jadi kekurangannya yaitu data attribut tidak bisa diubah atau diupdate sesuka hati, tentunya akan berbeda jika data spasialnya tersimpan dalam database MySQL. Sebenarnya pengembang Mapserver sudah menambahkan sebuah tools pada bundel MS4W (Windows) bernama "gdal-ogr", tapi menurut saya cara pakenya cukup repot dan untungnya ada Shp2MySQL. Jika belum punya aplikasinya silahkan download disini.

Cara penggunaannya cukup gampang yaitu :

1. Ekstrak Shp2MySQL dan letakkan hasil ekstraksi pada direktori yang dikehendaki misalnya D:\Latihan
2. Pindahkan atau salin Shapefile (dbf, shx, prj, shp) yang akan dikonversi ke direktori tadi (D:\Latihan), misalnya nama filenya "Kecamatan_mks.shp"

3. Buka Command Window (Cmd) dan ganti direktorinya ke D:\Latihan, caranya ketik "cd D:\Latihan"(tanpa kutip), tekan enter dan jika belum pindah direktori ketik "D:" (tanpa kutip) lalu tekan enter

4. Lanjut dengan mengetik pada D:\Latihan > "shp2mysql Kecamatan_mks Kecamatan_mks Kecamatan_mks > Kecamatan_mks.sql" (tanpa kutip) lalu tekan enter, tunggu beberapa saat.

5. Hasilnya dapat dilihat seperti gambar berikut (perhatikan bahwa telah muncul file berekstensi SQL)
6. Selanjutnya sisa Import ke MySQL pake PhpMyAdmin atau semacamnya

Nah gimana, mantap kan?




Post a Comment

4 Comments

Anonymous said…
Terima kasih komentarnya sangat bermanfaat ijin untuk menshare dan meng-copy
Anonymous said…
shp2mysql nya kenapa terdeteksi sebagai virus saat akan di instal?
Unknown said…
knp recognized terus ya ? trus isi mysqlnya itu 0 kb. gada atributnya. ada cara lain?
adjieputra said…
Works 100% sempat stress nyoba2 ogr2ogr yang ini lebih simple , thankiu gan