Konversi Polyline/Garis ke Point dengan ArcGIS 10

Assalamualaikum.

Pada postingan kali ini saya akan coba share kepada teman-teman bagaimana melakukan konversi dari feature polyline/garis ke point/titik dengan Construct Point pada ArcGIS 10. Proses ini juga biasa disebut "Point Along A Line". Oke langsung ke TKP aja gan:

1. Pertama siapkan dua buah feature (*.shp) yang terdiri dari Polyline dan Point (dapat dibuat melalui ArcCatalog). Yang perlu diperhatikan adalah kedua feature tersebut harus memiliki sistem proyeksi dan koordinat yang sama. Paling bagus jika menggunakan sistem proyeksi UTM, karena dengan begitu kita dapat menghasilkan point berdasarkan interval jarak (dalam meter).
Gambar 1. Membuat feature polyline dan point dengan ArcCatalog

2. Kemudian masukkan kedua feature tersebut ke ArcMap 10 (Add Data) sehingga pada Table of Content terdapat dua buah layer. Pastikan sistem koordinat dan proyeksi Data Frame sama dengan kedua feature yang telah ditambahkan (UTM).
Gambar 2. Data Frame Properties dari ArcMap

3. Aktifkan toolbar "Editor" kemudian lakukan proses editing (Editor > Start Editing). Sebagai acuan digitasi dapat ditambahkan pula data raster. Lakukan proses digitasi garis misalnya pada garis pantai, namun jika data polyline telah ada maka langkah ini dapat dilewati.
Gambar 3. Proses digitasi garis pantai

4. Kemudian simpan data hasil digitasi dengan "Editor > Save Edits". Selanjutnya seleksi garis yang akan dikonversi menjadi point. Setelah terseleksi (berwarna biru muda/highlights), pada toolbar "Editor" klik "Construct Point"

Gambar 4. Editor > Construct Point

5. Akan muncul kotak dialog Construct Point, kemudian tentukan feature point yang akan menjadi template dalam hal ini saya ambil contoh "titik.shp". Kemudian pada bagian "Construct Options" kita dapat memilih akan membuat point berdasarkan jumlahnya atau interval jaraknya/distance. Kali ini saya akan menggunakan pilihan kedua yaitu berdasarkan jarak/distance (catatan : harus menggunakan UTM) dengan interval 5000 meter. Pada saat menggunakan pilihan "Distance" maka pilihan lain akan aktif yaitu "Orientation", pada pilihan ini kita dapat menentukan darimana pembuatan point akan dimulai apakah dari awal garis (From Start point of Line) atau dari akhir (From End point of Line).

Gambar 5. Construct Options

6. Klik "OK" dan lihat apa yang terjadi. 

Gambar 6. Tampilan point yang telah terbentuk

7. Lanjutkan untuk garis berikutnya jika perlu dan jangan lupa "Save Edits"


 Gimana, prosesnya cukup mudah kan? Oke cukup sekian, sampai jumpa di tutorial berikutnya!

Post a Comment

2 Comments

Unknown said…
Kami juga mempunyai artikel tentang gis silahkan dibaca semoga bermanfaat dan berikut adalah link nya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2922/1/Artikel_10105565.pdf terimakasih


Unknown said…
Terima Kasih, mohon maf mw nanya lagi pas di expor ko titiknya ilang