GIS PROGRAMMER "From User To Maker"

"From User To Maker", mungkin itulah sebaris kalimat yang menjadi salah satu impian penulis. Mungkin pembaca sekalian juga tahu kalau kebanyakan dari kita saat ini masih selalu menggunakan software bajakan meskipun pihak produsennya menganggap itu tindakan ilegal. Mau gimana lagi, toh kita lagi butuh serta tak ada uang untuk membeli yang orisinil.

Namun beberapa tahun terakhir ini, cukup banyak bermunculan developer perangkat lunak open source. Penulis sendiri memiliki minat di bidang GIS walau untuk saat ini juga lebih mengandalkan software komersial yang tentu saja lisensi crack-an. Sebenarnya banyak juga tuh software GIS yang free dan open source, tapi tools-nya tidak selengkap yang komersial. Kalau mau bikin sendiri aplikasinya, bisa pake MapObject Esri dan VB/Delphi tapi harganya mahal banget apalagi yang versi terbarunya. Sebenarnya sih ada penulis punya yang versi 2.0, tapi programnya hanya bisa Run di Windows XP.

Setelah pencarian yang cukup lama dan melelahkan, akhirnya bisa juga kami dapatkan sebuah Map Control/component yang open source dan bisa di Run di Windows 7. Namanya MapWinGis.ocx yang bisa didownload gratis di MapWindow.org. Komponen ini bisa digunakan di visual basic, delphi, C# dan paling bagus kalau pake Vb.net. Dari pencarian ini penulis berharap bisa membuat sendiri aplikasi SIG yang sesuai dengan kebutuhan, insya Allah. Project yang sementara penulis kerja saat ini dengan harapan bisa jadi tugas akhir di S1 Geofisika adalah "Sistem Informasi Zakat"/ SIZ, dengan harapan nantinya bisa berguina bagi umat serta mengatasi kesulitan pengolahan basis data bagi pengumpul/amil zakat.

Post a Comment

0 Comments